Thursday 14 August 2008

Kenapa Semua Orang Menikah ? Part due


Pada posting sebelumnya di judul yang sama, kita berhenti di masalah rasionalitas. Sebenernya ngomongin rasionalitas nggak akan selesai tanpa menyertakan Max Weber, tapi apa boleh buat, saya kok jadi khawatir nanti postingan ini jadi terlampau berat dan yang lebih parah segmentasinya jadi semakin sempit. Coba aja buka theory.uk , wikipedia , atau google aja deh yang paling aman; pasti ada banyak tulisan yang merangkum pemikiran beliau. Kecuali ada request khusus dari temen-temen yang ikut mbaca, pasti saya sempet-sempetin untuk masukin analisis Weber soal rasionalitas dan kita sambungin sama orientasi menikah seperti yang kita omongin disini.

Kenapa Semua Orang Menikah?
Percaya nggak percaya, pertanyaan ini saya coba tanya ke Ibu penjual rokok di depan kantor saya. Kalo saya sesekali belanja teh botol sekalian rokok-nya di warung itu, saya lihat Ibu ini selalu kompak sama suaminya. Kalo lagi ada pembeli, ini pasangan suami-istri pasti sigap. Kadang si Ibu yang seduhin kopi, si Bapak yang rebus Indomie; bisa juga sebaliknya. Sejauh penglihatan saya sih, mereka kompak walau jarang tampak komunikasi verbal. Kurang lebih dialog dan pertanyaan saya ke si Ibu seperti ini :

S: "Biasa Bu, teh botol dingin.. "
I: " ..... (senyum, tidak menjawab) "
S: " Bapaknya kemana Bu..? "
I: " Noh.. (menunjuk ke dalam warung) "
S: " Dagang di mari sama Bapak udah lama kali, Bu(sambil nyalain rokok) ? "
I: " Udah... (taro teh botol pesenan di meja) "
S: " Kawin sama Bapak, juga udah lama Bu (fwuuuss) ? "
I: " Udeeeh.. (salah tingkah, ngelap meja)"
S: " Lah dulu, Ibu, kenapa nikah? Sama si Bapak.. "
I: " ... (senyum, tidak menjawab) "
S: " Yeee.. Ibu ditanya malah mesem (senyum_pen.).. Kenapa Bu (nikah) ? "
I: " ... (masih belum jawab) "
S: " Yaelah Ibu, ditanyain juga... (fwuuuuss)"
I: " Lah abis, nanya sih aneh-aneh aje "
I: " Dulu kawin ya disuruh.. SMP udah beres "
S: " Terus kenapa jadinya sama Bapak ? "
I: " Disuruh.. "
S: " Ooh gitu.. jadi berapa Bu, teh botol dingin.. ? " dan seterusnya.

Disuruh...??!
Wah patut jadi perhatian nih, tolong di garis bawah! Kata disuruh tentu mengandung makna, menurut saya disuruh berarti ada campur tangan orang lain. Dalam konteks ini, subjek yang menyuruh pasti orang yang berwenang atas diri si Ibu tadi atau minimal berpengaruh besar lah. Kata 'suruh' adalah kata 'perintah', sifatnya sangat patron atau bisa diakses oleh subjek yang memiliki otoritas terhadap sesuatu. Sekali lagi, orang tua si Ibu tadi atau sanak keluarga yang lebih tua yang paling mungkin mengambil peran ini. Masalahnya kenapa " Disuruh kawin (menikah, atau whatever it says..) kok mau?! ". Nah, itu jawabannya langsung ada; " Mau "! Karena si Ibu " Mau " jadi dia akhirnya menikah dengan si Bapak. Maksudnya secara langsung ataupun nggak kan si Ibu setuju aja, bukan? Lain halnya kalo menolak atau protes atas suruhan tadi, belum tentu si Ibu jadi sama si Bapak tadi. Bisa jadi nasib si Ibu tadi beda nasibnya kalo nggak jadi menikah sama suaminya yang sekarang. Siapa juga yang tau kalo si Ibu bukan kawin sama si Bapak, terus dia menikah sama juragan pabrik rokok; bukan penjual rokok yang sekarang titel-nya jadi istri penjual rokok.

STOP!
Berandai-andai sih boleh, tapi saya belum mastiin ke si Ibu; karena boleh jadi keputusan dia mau nikah puluhan tahun lalu itu adalah keputusan yang paling tepat untuk dirinya. Apakah si Ibu bahagia? Bisa jadi iya. Apakah menikah dengan juragan pabrik rokok tadi (versi berandai-andai) menjamin si Ibu juga bahagia? Ooh belum tentu... Banyak faktor pasti yang mempengaruhi, lebih jauh kehidupan manusia itu kan tidak mekanistik sama sekali. Kaya berarti bahagia (belum tentu), dan miskin berarti menderita (juga belum tentu).

Maksud saya, dari pengalaman hidup si Ibu penjual rokok tadi bisa kita ambil pelajaran dan hikmahnya loh. Coba deh, mulai sekarang kita harus ikut campur sama jalan cerita hidup kita sendiri. Kalo mau bilang nggak ya nggak, kalo mau juga harus bilang mau. Minimal kalo kenapa-kenapa di kemudian hari, nggak ada yang bisa kita salahin; karena kita sang decision maker.

So, Menikahlah dengan hati nurani setelah dipertimbangkan masak-masak.


Cheers!

8 comments:

The power of mine said...

TOP abeesh artikelnya... jadi inget waktu q curhat dulu. Tapi apapun masalahnya, emang harus kita yang menentukan pasangan hidup kita, asal niat kita karena 4W1 pasti akan diberi kemudahan.Toh yang mau nikah kan pribadi kita masing2 bukan orang lain, emang orang lain mau nanggung nasib kita nanti? gak kaann? Alhamdulillah untuk hal ini aq dapet pelajaran yang sangat berharga. Cobaan hidup akan terus menerpa sampai "kontrak" kita didunia habis.Intinya kita juga mesti punya "pegangan" yang kuat supaya gak tergelincir.. sip..sip.. ditunggu cerita selanjutnya, Btw kayaknya awal2nya gak enak tuh, ada rokok2nya. Belon insap juga bang?? hehehehehe :D

atmosfer kata-kata said...

hehe..

btw look at the bright sight-nya atuh, gara2 ngudut tea jadi bisa kenal sama si ibu penjual rokok + dapet pengalaman baru juga lagi.. (emang dasar alasan!)

makasih ya, the power of mine =)

kw said...

aku kok ga pengen ya :)

atmosfer kata-kata said...

ngga pengen apa-nya ni KW?

nikahnya? tp yakin ekstrakulikuler dari menikah itu sendiri jg ngga mau ni?

wah,sayang sekali..

menurut informasi, justru kegiatan 'bermanfaat' didalam pernikahan itu yang menyenangkan (berdasarkan cerita, survey, riset, dll)

kalo saya sih... =)

_VirGinSuicide_ said...

Kalo di Agama nikah biar halal,,,halal ngelakuin apa aja (ekstrem dan non ekstrem),,,mau loe kawin cuman buat status atawa kawin buat nge-ranjang doang,,,yang penting HALAL hukumnyah,,tapi kalo kata gw nikah itu terkekang,,,,karna (ini hukum agama juga) istri menuruti apa kata suami,,,,it's so lame kalo gw bilang siyh,,harrii giniiii???,,,(jaaaahh,,feminis banget dah gw! heheh),,,,eeh tapi bukan berarti gw nolak jodoh loh ya,,,,Jodoh emang di tangan tuhan,,tapi kalo dipikir2 terkadang tangan tuhan itu yang terbaik bukan yaah buat kita?? hmmm,,,,anyways ada yang mau kawin cepet?? gw siyh mau aja cuuyh,,,heheh,,udah gak tahaaan niiy,,,,huahuahuhua,,,piss

atmosfer kata-kata said...

" wanita berasal dari tulang rusuk laki-laki.. "

hebat yaa.. hebat kan??

masalah halal ngga halal,urusan 4WI deh.. bukan kapasitas saya,ibu.

untuk konteks ini, kebelet nikah versi virgin suicide apa termasuk kasus darurat??

setahu saya nih,untuk kasus2 darurat ada semacam pengecualian? yg haram bisa jadi halal.. atau,aduh saya kurang kompeten x)

asal jgn suicide yaa, wong msh virgin kok suicide? eman-eman..

mumu said...

menikah kok dengan hati nurani, menikah ya dengan sesama manusia hueheheheheh garing haha

atmosfer kata-kata said...

wah kebawa-bawa..

nuraini kan nama mantan saya, mungkin waktu posting pas lagi kepikiran dia.

*lebih garing* X)