Wednesday 4 August 2010

Jom Tengok Malaysia Pt. 2

KLCC Suria Mall Day-1
Finally, kita sampe juga ke tempat tujuan, KLCC! Situs iconic Malaysia, terutama KL. Ketara banget kalo rakyat Malaysia sangat bangga sama bangunan ini. Bangunan yang dikenal dengan beberapa nama. Diantaranya Menara Petronas, Twin Towers, Menara Kembar, dan dengan nama resmi KLCC Towers. Ada dua menara; east dan west tower, yang sekaligus jadi gerbang masuk selain jalur bawah tanah yang terintegrasi langsung dengan stesyen kereta bawah tanah Kelana Jaya. Selain didalamnya ada Suria Mall, KLCC Tower juga dilengkapi ruang pertunjukan orchestra, Museum Petrosains, Air Mancur ‘Menari’ di sebelah timur dan wisata unggulan; Sky Bridge. KLCC Tower juga sangat terkenal sebagai salah satu gedung tertinggi di dunia. Gedung ini juga sempet dijadikan lokasi syuting film produksi Holywood Entrapment yang dibintangi Chaterine Zeta-Jones dan Sean Connery, so gak salah juga kalo KLCC Tower merupakan situs kebanggan rakyat Malaysia.

Untuk wisata Sky Bridge, perjuangan-nya lumayan besar juga untuk sampe bisa naik ke jembatan penghubung KLCC Tower ini. Sky Bridge sangat terkenal karena memang letaknya yang sangat tinggi, jadi kita bisa lihat kota Kuala Lumpur dengan jelas dari ketinggian; promosinya sih ‘terasa seperti terbang diatas langit’. Dengan sudut pandang 180° dan terbungkus kaca tebal, jadi kita pasti dibuat puas memandang jauh ke seluruh bagian KL. Wisata macam ini sebetulnya udah ada juga yang mirip-mirip di Negara lain. Kalo di London, ada London Eye. Bentuk London Eye mirip banget sama Singapore Flyer, atau baru-baru ini Singapore punya Sky Park yang lebih dahsyat lagi untuk lihat pemandangan kota dari atas langit. Sedangkan Jakarta, kita punya tugu Monas untuk wisata ketinggian..hehe berminat?

Pengunjung mesti rela antri dari jam 7 pagi untuk dapet tiket gratis ke Sky Bridge KLCC Tower. Udah 2 kali gue bela-belain bangun pagi untuk ikutan antri jam 7.15 pagi dan selalu kehabisan tiket. Walhasil, hilanglah kesempatan untuk bisa naik ke Sky Bridge. Hopefully, there would be another KL trip dan Sky Bridge gak boleh sampe kelewat untuk yang kedua kalinya, amiin!!

Waktu udah menunjukkan 2.30 PM waktu KL. Niatnya gue dan 2 keponakan kecil mau sekalian masuk Petrosains, tapi karena udah kesiangan jadi tiket yang udah terlanjur gue beli di extend untuk kunjungan besoknya. Akhirnya kita putusin untuk ngelanjutin kunjungan ke KLCC Tower dan Petrosains di hari berikutnya. Sebelum balik ke hotel, the rombongan ‘riweh’ sempet-sempetin juga untuk foto-foto dulu di salah satu taman yang jadi lokasi ideal untuk bergaya dengan background menara kembar yang full keliatan. Puas sesi foto kilat, Jam 3an kita udah sampe di hotel dan istirahat sebentar.

The Pavilion
Hari emang udah agak sore, sekitar jam 4 sore badan masih kerasa agak-agak capek. Tapi perasaan kok sayang juga yah kalo hari itu cuma habis di kamar hotel doang. Akhirnya gue dan kakak gue kompakan untuk ngelanjutin perjalanan ke salah satu Mall favorit di KL, The Pavilion. Jaraknya emang gak terlalu jauh dari hotel, tapi karena matahari masih terlalu ‘gagah’, daripada jalan kaki jadilah kita milih naik teksi aja kesana. Kita bedua dianter sama uncle noor aziz, supir taksi baik hati aseli melayu yang sekalian milihin tempat belanja oleh-oleh cokelat di Barley’s Chocolate Factory. Selama dalam perjalanan kita ngobrol agak banyak sama uncle, kayak obrolan seputar spot-spot wisata apa aja di sekitaran KL. Uncle sih nyaranin kita untuk sekalian aja ‘bersiar’ ke daerah Genting Highland, karena disana ada banyak banget pilihan wisata; tapi karena waktu kita yang pendek banget, yah rencana itu mesti postponed dulu lah.. maybe next time! Hehe.

Dan dari uncle juga, gue baru tau kenapa ada banyak banget turis-turis asal Arab yang seliweran di KL. Somehow gue agak-agak de javu juga sih, saking banyaknya orang arab plus burka dan cadar-nya, jadi keinget lagi sama perjalanan gue ke Jeddah sekitar setahun lalu. Ternyata, alasannya karena bulan-bulan ini, daerah timur tengah tuh udah masuk musim panas. Jadilah mereka ‘eksodus’ sekalian liburan keluar Negara mereka yang emang lagi panas-panasnya, salah satunya yah plesir ke Malaysia ini.

Anyway, sampailah kita di The Pavilion Centre Mall. Begitu turun gue disambut dengan panggung ukuran lumayan besar disebelah lobby utama Mall, ternyata ada pertunjukan musik dan kebudayaan aseli Maroko.. arab banget nih tema-nya, ahh cape deh!
Bangunan The Pavilion Mall, either inside and outside gak beda-beda jauh sama Mall yang ada di Jakarta. Malah kalah besar dibanding Senayan City atau Grand Indonesia, tapi salah satu ciri khas Mall ini adalah suasana-nya yang seru. The Pavilion jadi tempat favorit anak-anak ‘abg’ KL untuk mejeng.

Tempatnya persis di sekitar air mancur di depan lobby utama, yah semacam boulevard yang luas gitu. Yang bikin gue amaze adalah untuk urusan fashion ternyata gaya anak-anak abg disini cukup ekspresif juga, walaupun gak terlalu beda jauh sama anak-anak Jakarta. Cuma yang bikin menarik tuh, di satu tempat inilah mereka semua betul-betul tampil semaksimal mungkin. Mirip catwalk raksasa lah..hehe

Siap-siap Kondangan!
As I told you in the beginning of this story, the main reason why we visit here to Malaysia; is to attend a wedding reception of my sister business-collegue daughter. Alias mau kondangan! Hehe. Masih di hari yang sama, sehabis puas menelusuri Pavillion Mall gue dan kakak gue balik lagi ke hotel untuk beres-beres dan bersiap ke acara resepsi pernikahan. Acaranya sendiri di Mandarin Oriental Hotel, kalo dari daerah Times Square, tempat gue nginep; butuh sekitar 15 menit aja untuk sampe kesana (tapi tanpa ada halangan jalanan ‘jam teruk’ loh yaa, kalo traffic jam gak tau juga..). Jam 7.30 PM kita semua udah cantik-cantik, karena cuma gue satu-satunya cowok dalam rombongan ini,hehe.

Oiya hampir gue lupa cerita, selama perjalanan kita di KL ini dari hari pertama kita selalu ditemenin sama temen kakak gue yang kebetulan stay di KL, tepatnya di daerah Selangor. Namanya Kak Zuhra (duileee..kakak! hihi) atau let say, mama chacha. Baik hatinya mama chacha, karena di sela-sela kesibukannya di KL yang jadi dosen dan sekalian lagi study gelar doctor-nya, masih juga sempet-sempetin nginep di Berjaya hotel tempat kita stay ini. Chacha dan keponakan-keponakan gue Mayra dan Umara juga kompak, jadi tambah seru aja deh.

Berangkat dari Times Square, udah hampir jam 8 PM. Dibawah kendali mama chacha sebagai ‘GPS Driver’ (maksudnya totally depend on GPS direction..hehe) akhirnya kita berangkat. Dan bener kejadian, ternyata keadaan traffic emang lagi macet-macetnya terutama jalan menuju ke Mandarin Hotel. Somehow penyebab macetnya sendiri adalah tamu-tamu undangan resepsi pernikahan ini, ampun deh. Walhasil, sekitar Jam 8.30 PM kita akhirnya ada di lobby Mandarin Hotel. Kebetulan tuan rumah nyediain satu kamar untuk kakak gue nginep di hotel ini, dan setelah check-in beres meluncurlah kita menuju acara kondangan!

Hajatan a la Malaysia

Basically, ngga ada yang terlalu jauh berbeda dalam acara resepsi pernikahan dengan bangsa kita. Mungkin akan lebih detail dibandingin kalo gue bisa dateng ke acara akad pernikahan mereka, tapi akad nikah-nya cuma dihadiri oleh keluarga terdekat aja pagi harinya. Resepsi pernikahan ini sendiri mengambil konsep Melayu-modern, suasana-nya juga mirip-mirip kalo kita dateng ke acara pernikahan orang melayu seperti tradisi Riau, Minang, atau Palembang.

Bedanya, baik laki-laki dan perempuan dewasa disana lebih memilih baju adat dibanding memakai stelan jas atau gaun. Selain itu, kurang jamak bagi tamu–tamu undangan untuk makan sambil berdiri macam resepsi disini. Jadi memang disediakan meja dan kursi-kursi yang berderet memanjang, sedangkan acara hiburan sendiri disediakan area kosong untuk pertunjukan musik dan ‘dansa-dansi’.

One of the funniest story for me is, I’m the only person who wear Batik on this occasion! Ahaha.. instead of being alienated, weirdly I feel so proud; proud of my Batik outfit! Hehe.. it also took quit an attraction, shown from how people staring at me. Only god knows what’s on their mind.. ahaha.

Yup betul, ternyata kalo mau jujur memang sebetulnya batik itu bukan identitas murni orang Malaysia. Beda banget kan kalo Batik itu bener-bener hasil kebudayaan mereka, tentu tampak dari penampilan mereka dalam event-event formal macam acara pernikahan. Menurut gue Malaysia agak ‘keukeuh’ untuk meng-klaim Batik yaa karena alasan ekonomis aja. Karena Batik itu emang betul-betul-betul cantik! sekaligus bernilai ekonomi tinggi.

Selesai acara gue balik ke Times Square. Sedangkan kakak gue dan rombongannya nginep disana, dan janjian sarapan bareng besok pagi-nya di Mandarin. Really a great experience attending this event!

Amazing Petrosains

Hari minggu cuaca sangat cerah di Kuala Lumpur, cocok banget untuk jalan-jalan lagi. Karena kemarin gue udah beli tiket masuk Museum Petrosains, jadi hari ini rencana bener-bener fokus pergi kesana sama keponakan-keponakan gue. Selesai sarapan jam 9.15 dari Mandarin Hotel, perjalanan cukup 5 menit aja dan udah sampe ke KLCC Tower. Gue dan keponakan bisa jalan kaki santai, sambil nikmatin udara pagi yang masih bersih.

Pintu masuk pertunjukkan gelombang 1 dibuka tepat jam 10 pagi. Gue dan ‘krucil-krucil’ excited banget sambil nunggu di antrian masuk. Gak lama kita udah naik kereta listrik menuju ke wahana-wahana ilmu pengetahuan yang ada di Petrosains. Sepanjang perjalanan didalam kereta ini, ada semacam interlude lewat audio-visual dengan teknologi 3D yang wow! Isinya tentang penanaman nilai-nilai kecintaan terhadap alam dan terutama rasa nasionalisme Malaysia.

Sejak usia dini anak-anak di Malaysia udah ditanamkan nilai kecintaan yang besar terhadap bangsanya. Pikiran gue, yah nggak salah juga sih kalo generasi penerus Malaysia tuh punya sense of belonging dan dignity yang tinggi terhadap tanah airnya. Dan semua kebanggaan ini berawal dari kemampuan mereka mengolah hasil alamnya secara mandiri; salah satunya dengan Petronas-nya. Nah, kalo bangsa kita sendiri gimana dong??

Konsep dari Petrosains menurut gue sangat brilian. Karena menyuguhkan pelajaran tentang ilmu pengetahuan secara fun dan atraktif, daripada rumit, kaku, dan membosankan. Ada banyak wahana yang simple dan menyenangkan banget, cocok untuk anak-anak dari usia balita sampe SMP; jadi mereka lebih mengenal dan lebih tertarik pada dunia ilmu pengetahuan. Ada beragam section ilmu pengetahuan seperti Geologi, hidrologi, paleontology, vulkanologi, oil & gas, minning, biologi, fisika, miniatur drilling Petronas di tengah laut, dan masih banyak lagi. Pokoknya waktu 2 jam lebih didalam Petrosains sama sekali ngga terasa.

Jam 12 siang akhirnya gue dan keponakan keluar dari area Petrosains. Lumayan puas, sekaligus agak-agak iri juga sih sama pembangunan dan kemajuan Negara serumpun kita yang satu ini. Tapi intinya bukan iri yang destruktif, gue tetep yakin kok kalo bangsa kita punya komitmen, kemauan, dan kerja keras; gak ada alasan kita gak bisa seperti mereka, bahkan lebih maju dari mereka, kan?

IKEA

Akhirnya kita kumpul lagi sama seluruh rombongan, sambil makan siang diisi cerita gimana serunya pengalaman di Petrosains tadi, keponakan kecil gue makan banyak banget (yang biasanya agak susah makan..hihi). Setelah cukup kenyang makan siang, kita udah siap-siap berangkat lagi ke daerah Petaling Jaya. Tujuan ke IKEA Store, toko super gede tempat pernak-pernik furnitur dan home appliances lainnya yang lengkap. Keistimewaan barang-barang IKEA ada di desain dan kualitasnya, cuma ciri khas IKEA itu barang yang kita beli umumnya unwrapped. So, setelah beli dan dibawa pulang kita mesti bongkar-pasang sendiri.. dikerjain orang Swedia tuh beli IKEA,hehe

Main ke apartment Chacha…
Udah capek keliling dan beli barang keperluan di IKEA, yang kebetulan jaraknya nggak jauh dari apartment tempat Chacha dan mama-nya tinggal. Tepatnya ada di daerah Selangor, sekitar 30 Menit dari pusat kota Kuala Lumpur. 10 menit perjalanan dari IKEA kita udah sampe di dalam Apartment Chaca di lantai 19, untuk istirahat sebentar sekalian sholat ashar.

Jam 6 PM perut mulai terasa agak laper, dan mama chacha ajak kita ke tempat makan yang enak gak jauh dari apartment, namanya Al-Shifa. Yang terkenal dari Al-Shifa itu teh tariknya yang khas Malaysia, ditambah madu; dan jadilah the famous ‘two-layer tea’. Tempatnya lumayan cozy dan dijadiin nongkrong anak-anak muda disana, karena bisa sambil santai sekalian nyeruput bong shisa.
Makanannya juga enak-enak, umumnya menu aseli india. Kalo ada yang sempet mampir ke daerah Selangor, mesti nih mampir sebentar ke Al-Shifa (deuuuh.. kok viral marketing gene siih!!

Sebagai kawasan hinterland Kuala Lumpur, daerah Petaling Jaya dan Selangor umumnya jadi tempat pemukiman warga yang sehari-hari beraktivitas atau kerja di pusat kota KL. Selain living cost KL yang jauh lebih tinggi dibanding daerah pinggiran, tentu daerah suburban jadi tempat ideal untuk tinggal dengan kondisi lingkungan yang lebih nyaman. Jam 7 PM kita dadah2an sama chacha dan kak Zuhra, balik lagi ke Times square pake teksi. Wow, hari yang bener-bener seruuuuu!!

The Last Day

Waahhh.. gak terasa, sampe juga deh di hari Senin. Hari terakhir kita di KL, untuk jadwal kembali pulang ke Jakarta jam 4 PM waktu KL. As well as always, sebelum start kegiatan hari ini kita sarapan dulu di hotel. Jam 9 pagi kita udah bikin rencana ke daerah Mesjid India, atau bisa dibilang little India-nya KL, tepatnya sebelah utara Kuala Lumpur.

Sepanjang perjalanan gue bisa liat gabungan antara bangunan kuno dan modern, teratur rapih dan bersih terawatt disebelah kiri dan kanan. KL udah sadar betul kalo bangunan-bangunan kuno peninggalan masa kolonial sebagai asset yang sangat-sangat berharga. Jadi keliatan banget perawatan yang diberikan betul-betul serius. Dan mayoritas bangunan itu juga masih sangat layak untuk digunakan.

Yang paling stands out, menurut gue itu gedung kementrian kebudayaan Malaysia. Perpaduan arsitektur timur tengah dan eropa kental banget. Beranda-nya mirip pilar-pilar Masjid nabawi, sedangkan balkon atas khas bangunan eropa, khususnya Inggris. Hal ini juga yang patut di contoh dari Malaysia, preservasi bangunan bersejarah yang jumlahnya juga cukup banyak di Jakarta, terutama di daerah Kota Lama.

Anyway, setelah sempet terjebak macet di beberapa jalan protokol, karena hari senin udah masuk hari normal kerja dan beragam aktivitas warga KL; sekitar 40 menit kemudian kita udah sampe di daerah Mesjid India. Kawasan Mesjid India semacam pasar garmen terbesar di KL. Barang-barang yang dijual disini nggak jauh-jauh dari keperluan baju dan bahan-bahan kain beragam kualitas, mulai dari sutra mahal hingga kain sulam Malaysia.

Gue sendiri khusus nyempetin kesini untuk nyari baju khas makcik Malaysia itu, baju muslimah mirip gamis longgar stelan dua potong; dengan atasan dan bawahan rok. Tapi ternyata harga baju makcik yang udah jadi disana mahal banget, beda jauh sama harga bahan yang relatif jauh lebih miring. Kata mbak penjaga toko-nya yang aseli orang Kendal, Jawa Tengah; yang bikin mahal itu ongkos tukang jahitnya. Lumayan juga jadi tukang jahit dong di KL..hehe

Mari pulang.. marilah pulaang.. ;)
Jam satu siang kita udah last checked barang bawaan di kamar hotel dan check-out 30 menit kemudian. Kendaraan menuju KLIA pun Alhamdulillah udah nunggu di lobby, karena rekan bisnis kakak gue itu dengan baik hati mengirim supirnya untuk anter kita ke airport. Jam 2 PM berangkat dari hotel dan 30 menit setelah itu kita udah sampe di airport. Keperluan check-in airport dan keperluan bagasi yang sudah ‘beranak-pinak’ makan waktu gak lebih dari 15 menit. Sekitar jam 3 PM gue dan rombongan udah duduk manis di Gate H untuk menanti keberangkatan flight MH 714 tujuan Jakarta.

Alhamdulillah penerbangan berjalan dengan lancar, dan akhirnya mendarat mulus di cengkareng sekitar jam 7.30 malam WIB. Kembali lagi ke kampung halaman, langsung disambut lagi sama kesemerawutan dan kemacetan yang nggak kunjung bisa dirubah.
Tentunya ada banyak banget hal yang bisa kita bawa pulang dari travel yang kita lakukan, termasuk travelling gue yang terakhir ini ke Malaysia. Selain oleh-oleh cinderamata, barang belanjaan atau foto-foto penuh kenangan; dari setiap perjalanan kita, terutama travel abroad kemana pun tujuannya. Ada banyak pengalaman, wawasan, dan cerita yang bisa kita bawa pulang. Semoga masih ada kesempatan berikutnya untuk gue bisa berkunjung ke Negara lain.. see you at the next trip!!